Sejarah

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimatan Barat adalah salah satu Dinas Teknis di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, yang menyelenggarakan kewenangan urusan pemerintahan dibidang Komunikasi dan In- formatika. Secara legal formal, Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat dibentuk berdasarkan Pera- turan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalbar.
Sekalipun secara nomenklatur, pembentukan Diskominfo berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 8 Tahun 2016 ini merupakan Dinas baru, namun demikian secara operasional sebenarnya urusan pemerintahan yang terkait dengan komunikasi dan informatika sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan nama dan level kelembagaan yang berbeda. Sebelum terbentuknya Diskominfo tahun 2017 ini, penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang Komunikasi dan Informatika diselenggarakan oleh 2 (dua) unit kelembagaan, yaitu Bidang Komunikasi dan Informatika pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) (Eselon III-A), dan Unit Pengolahan Data Elektronik Dishubkominfo. Sejalan dengan restrukturisasi kelembagaan perangkat daerah berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Barat Nomor 8 Tahun 2016 tersebut, maka fungsi bidang komunikasi dan informatika diwadahi menjadi dinas yang berdiri sendiri dan berubah nama menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika sehingga Dishubkominfo berubah menjadi Dinas Perhubungan saja, dan kelembagaan UPDE berada dibawah Dinas Komunikasi dan Informatika.

Perubahan terkait kelem- bagaan yang mengelola urusan komunikasi dan informatika di Provinsi Kalbar mengalami be- berapa dinamika. Sebelum tahun 2008 sendiri, penyelenggaraan urusan Kominfo, terutama yang berkaitan dengan Teknologi Infor- masi dan Komunikasi (TIK) di- tangani oleh Badan Komunikasi, Informasi dan Kearsipan Daerah (BKIKD). Ketika dilakukan restrukturisasi kelembagaan pada tahun 2008, maka urusan Arsip dan perpustakaan berdiri sendiri menjadi Badan Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi, dan pada saat yang sama dibentuk Bidang Kominfo di Dishubkominfo.

Dengan demikian, secara bertahap kelembagaan yang menangani urusan komunikasi dan informatika di Provinsi Kalimantan Barat mengalami dinamika dari waktu ke waktu, dan terakhir menjadi Dinas yang berdiri sendiri, dengan level eselon II. Sekalipun sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalbar Nomor 8 Tahun 2016, namun secara operasional kelembagaan Diskom- info baru secara resmi dijalankan pada bulan Januari 2017 yang ditandai dengan pelantikan pejabat di Diskominfo.

Facebook

Infografis

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.