• Home
  • Login
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
No Result
View All Result

Gema Ekonomi Syariah Kalbar 2023, Perkuat Produk Unggulan Kalbar dengan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Syarif Afdal by Syarif Afdal
14 March, 2023
in Berita, Berita Utama, FlashNews, Sosialisasi
0
Gema Ekonomi Syariah Kalbar 2023, Perkuat Produk Unggulan Kalbar dengan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

PONTIANAK – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. membuka secara Resmi Gema Ekonomi Syariah Kalimantan Barat 2023 ( GEBYAR KALBAR 2023)  bertempat di Aula Masjid Raya Mujahidin Jl. Jenderal A.Yani Pontianak, Senin (13/3/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan dapat mensinergikan dan meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Kalimantan Barat. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian ke arah yang lebih baik kedepannya.

Dimasa ini dapat kita lihat banyak masyarakat yang memanfaatkan produk keuangan Syariah tidak hanya dari kelompok umat muslim saja, ini menunjukan sisi lain bedanya potensi keuangan Syariah seiring dengan visi menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia serta tantangan domestik dan tantangan global.

“Dengan produk-produk halal, saya rasa bisa membawa UMKM kita semakin baik kedepannya. Mudah-mudahan industri-industri semakin berkembang dengan adanya pertumbuhan ekonomi Syariah ini. Sekarang ini kita melihat sudah hampir seluruh Bank sudah berbasis Syariah, bahkan saya melihat tidak hanya nasabah-nasabah yang beragama muslim saja yang menjadi nasabah Syariah, bahkan non muslim juga sudah banyak yang ikut berpartisipasi, karena bagi hasilnya jelas,” ungkap Wagub Ria Norsan

Disaat  pandemi covid-19 melanda beberapa tahun yang lalu khususnya di Provinsi Kalimantan Barat cukup banyak UMKM yang terpuruk bahkan sampai ada yang menutup usahanya. Namun, kini setelah covid-19 sudah mulai mereda, UMKM di Provinsi Kalimantan Barat bergerak cepat, tumbuh kembali sehingga geliat ekonomi pun mulai pulih kembali.

“Artinya UMKM adalah ujung tombak untuk pertumbuhan ekonomi, untuk itu mari kita galakan semua yang bersifat UMKM baik dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional bahkan sampai ke tingkat Internasional,” terangnya.

Wagub Ria Norsan juga mengatakan bahwa UMKM di Provinsi Kalimantan Barat  jumlahnya cukup banyak namun ada sebagian yang terkendala terkait permodalan. Dalam hal ini Pemprov Kalbar siap menjembatani hal tersebut bersama stakeholder terkait, agar dapat mengusahakan penyedian modal bagi para pelaku UMKM tersebut.

“UMKM kita kendalanya adalah permodalan, saya tanya  kepada mereka (Pelaku UMKM). Saya bilang tidak usah khawatir, sekarang dari Bank Indonesia, Bank Kalbar, Bank Konvensional lainya juga Bank Syariah sudah siap dengan program-programnya untuk membantu UMKM yang ada di Kalimantan Barat dan Indonesia,” terangnya.

Dalam kesempatanya Kepala Perwakilan BI Kalbar, NA Anggini Sari mengatakan,  kegiatan Gebyar Kalbar tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun kedua, yang merupakan perwujudan serta ikhtiar bersama untuk meng-akselerasi pengembangan ekonomi syariah sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan Barat serta upaya bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain mendorong transformasi digital untuk pelaku ekonomi syariah seperti UMKM, rumah ibadah, pesantren dan masyarakat,” katanya

kegiatan ini juga memperkuat National Branding produk unggulan daerah Kalimantan Barat melalui peningkatan industri halal sehingga dapat berkontribusi pada pencapaian visi Indonesia sebagai Pusat Industri Halal Dunia.

Sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional yang terus berlanjut, ekonomi dan keuangan syariah diarahkan untuk meningkatkan kontribusi sebagai sumber pertumbuhan baru yang inklusif.

Bank Indonesia berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air. Kebijakan pengembangan Bank Indonesia akan mengacu pada tiga pilar strategi utama, yaitu pengembangan ekonomi syariah, keuangan syariah serta Literasi dan Edukasi.

“Dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, Bank Indonesia bersinergi dengan berbagai pihak, antara lain melalui pengembangan ekosistem Halal Value Chain, penyelenggaraan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) secara nasional dan rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) secara regional (Sumatera, Jawa dan Kawasan Indonesia Timur),” paparnya.

 

Previous Post

Sehat Membara,,Strategi Jitu Dinkes Kalbar Atasi Anemia

Next Post

[Infografis] Peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia

Syarif Afdal

Syarif Afdal

Next Post
[Infografis] Peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia

[Infografis] Peringatan Hari Hak Konsumen Sedunia

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link Terkait

GPR

Statistik Pengunjung


Jalan Ahmad Yani, Gedung Pelayanan Terpadu Lt. 6, Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat Pontianak
Telp. - WA : 089699305225 E-Mail : diskominfo@kalbarprov.go.id

Follow Us

  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
  • GALERI

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

No Result
View All Result
  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
    • Motto
    • Visi dan Misi
    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) – Media Center
    • Alur Pelayanan Media Center
  • GALERI
    • Foto
    • Video

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In