• Home
  • Login
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
No Result
View All Result

Training off Trainer (T.O.T) Call Center 112, Cukup Satu Nomor Layanan Darurat Untuk Memudahkan Masyarakat

Syarif Afdal by Syarif Afdal
16 March, 2023
in Berita, Berita Utama, Daerah, FlashNews, Pelatihan
0
Training off Trainer (T.O.T) Call Center 112, Cukup Satu Nomor Layanan Darurat Untuk Memudahkan Masyarakat

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Direktorat Pengembangan Pitalebar menyelenggarakan Pelatihan Sumber Daya Manusia Layanan Nomor Panggilan Darurat (Call Center) 112 selama 2(dua) hari 16-17 Maret 2023 dan dibuka secara resmi oleh PLH. Kepala Dinas Kominfo Prov. Kalbar D.Zamroni, S.STP di Hotel Aston Pontianak (16/03/2023)

Dalam sambutanya D.Zamroni menjelaskan, Pemanfaatan sarana teknologi komunikasi bagi kepentingan masyarakat sangat mendukung terwujudnya pelayanan publik dari pemangku kepentingan kepada masyarakat yang membutuhkan. Begitu juga halnya dengan layanan Call Center 112 sebagai inisiatif Kemenkominfo yang menyediakan panggilan darurat bebas pulsa demi melayani warga dalam situasi darurat kabupaten/kota yang tentunya telah memiliki layanan panggilan ini.

“ Dengan adanya layanan Call Center 112 diharapkan masyarakat memperoleh kemudahan dan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk kebutuhan yang sifatnya darurat dan sangat mendesak serta menjadi lebih peduli terhadap situasi di lingkungan sekitar guna mencegah maupun meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. “ Terang nya.

D.Zamroni menambahkan, muara akhir penyelenggaraan kegiatan pelatihan pada hari ini, diharapkan instansi pemerintahan yang telah mengirimkan peserta pelatihan dapat menerapkan layanan Call Center 112 di wilayahnya masing-masing guna memberikan pelayanan masyarakat yang optimal.

“ Layanan Call Center 112 merupakan sarana komunikasi darurat yang membutuhkan kerjasama serta kolaborasi antar unit kerja pemerintahan beserta stakeholder.” Tutupnya

Training off Trainer (T.O.T) Call Center 112 bertujuan untuk melatih dan mengenalkan lebih dekat dan komprehensif tentang layanan tunggal panggilan darurat 112, sebagai sebuah layanan kegawatdaruratan yang berlaku secara nasional. Pada dasarnya program Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 ini seperti 911 di Amerika. Indonesia menggunakan nomor 112 dikarenakan nomor Default Emergency pada ponsel yang dipasarkan di Indonesia dan juga merupakan standar International Telecommunication Union (ITU).

Dalam Kesempatanya , Koordinator Infrasus Pitalebar, Bapak Harapan Takaryawan menerangkan , Kementerian Kominfo mempunyai kebijakan yang terkait dengan penyelenggaraan Pos, Penyiaran, dan Telekomunikasi. Salah satu kebijakan yaitu menyediakan nomor panggilan khusus atau emergency call. Nomor 110 digunakan oleh Kepolisian, 119  oleh Kemenkes, 113 oleh Damkar, 115 oleh Basarnas, dan 117 digunakan oleh BNPB untuk penanganan bencana yang saat ini digunakan juga oleh gugus tugas penanganan Covid-19.

“dengan hadirnya nomor tunggal 112 di daerah, masyarakat cukup mengingat satu nomor, yaitu 112 untuk melakukan semua panggiilan kejadian darurat di wilayahnya. Panggilan ke nomor 112 tidak dikenakan biaya/ pulsa (gratis).” Terang nya.

Ia juga menambahkan, Jenis pengaduan kejadian darurat yang dilayani (Call Center) 112, seperti: kebakaran, medis/ambulans, kecelakaan, masalah ketertiban dan keamanan, dan jenis kejadian darurat yang ditetapkan oleh Pemda setempat. Pemda yang menyelenggarakan/ mengoperasionalkan layanan 112 harus siap melayani selama 24 jam 7 hari.

Selain itu dalam mendukung Penyelenggaraan Call Center 112 Kominfo telah mengeluarkan Pedoman Teknis Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 dan juga bertugas melakukan supervise dan pelatihan SDM.

“ Saat ini Kemkominfo melakukan pelatihan, yaitu dalam bentuk ToT Pelatihan SDM Call Center 112 yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM Call Center 112 khususnya Supervisor dan Operator (Agent Call Taker).” Jelasnya

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Kominfo Kayong Utara, H.K. Ronny Iswandy, S.IP, M.Si, Kadis Kominfo Kota Singkawang, diwakili oleh  Fredrik MH. Situmeang, S. Kom, , Tim Trainer dari 168 Solution, dr. Sukarta selaku Trainer Medis serta Penyedia Jasa Call Center 112, PT Jasnita dan PT DSI, yang akan memberikan pelatihan Agent Call Taker 112 serta Para Peserta TOT perwakilan dari beberapa Kabupaten dan Kota.

Previous Post

DJKN Kalbar Serahkan Dua Penghargaan Pada Pemprov Kalbar

Next Post

[Infografis] Selamat dan Sukses Pemprov Kalbar atas 3 Penghargaan dari Kemendagri RI

Syarif Afdal

Syarif Afdal

Next Post
[Infografis] Selamat dan Sukses Pemprov Kalbar atas 3 Penghargaan dari Kemendagri RI

[Infografis] Selamat dan Sukses Pemprov Kalbar atas 3 Penghargaan dari Kemendagri RI

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link Terkait

GPR

Statistik Pengunjung


Jalan Ahmad Yani, Gedung Pelayanan Terpadu Lt. 6, Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat Pontianak
Telp. - WA : 089699305225 E-Mail : diskominfo@kalbarprov.go.id

Follow Us

  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
  • GALERI

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

No Result
View All Result
  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
    • Motto
    • Visi dan Misi
    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) – Media Center
    • Alur Pelayanan Media Center
  • GALERI
    • Foto
    • Video

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In