• Home
  • Login
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
  • HOME
  • PROFIL
    • Profil Pimpinan
    • Kedudukan dan Alamat
    • Visi dan Misi
    • Tugas dan Fungsi
    • Ruang Lingkup
    • Unit Kerja
    • Struktur Organisasi
    • Pejabat Struktural Dinas Kominfo Prov. Kalbar
    • SOP Diskominfo
    • Peta Proses Bisnis Diskominfo Prov. Kalbar
  • Program Kerja
    • Renstra Perubahan 2018-2023
    • Revisi Renstra 2018-2023
    • Renstra Kominfo 2019-2023
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2022
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2021
    • Dokumen Pelaksanaan Anggaran 2020
    • Rencana Kerja Tahun 2022
    • Rencana Kerja Tahun 2021
    • Rencana Aksi Diskominfo Tahun 2022
  • DOKUMEN
    • LAPORAN
      • LPPD
        • LPPD Tahun 2021
        • LPPD Tahun 2020
      • LKPJ
        • LKPJ Tahun 2021
        • LKPJ Tahun 2020
      • LAKIP
        • LAKIP Tahun 2021
        • LAKIP Tahun 2020
        • LAKIP Tahun 2019
      • LRA
        • Laporan Keuangan 2021
        • Laporan Keuangan 2020
        • Laporan Keuangan 2019
      • Evaluasi Kegiatan
      • Monitoring Evaluasi Kegiatan
      • Indikator Kinerja Utama
        • IKU 2022
        • IKU 2021
        • IKU 2020
      • Laporan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat Tahun 2021
    • REGULASI
      • UNDANG-UNDANG
      • PERATURAN PEMERINTAH
      • INSTRUKSI PRESIDEN
      • PERATURAN MENTERI
      • PERATURAN DAERAH
      • PEDOMAN UMUM
      • PERATURAN GUBERNUR
      • KEPUTUSAN GUBERNUR
  • Pelayanan Publik
    • JENIS LAYANAN
      • Layanan PPID
      • Layanan Konsultasi
      • Layanan Pengaduan Masyarakat
      • Layanan Konferensi Pers
      • Layanan Hosting
      • Layanan Domain dan Subdomain
      • Email Kedinasan
      • Data Cloud
      • Video Conference
      • Layanan Jaringan
      • Colocation Server
    • SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM)
      • FORMULIR SURVEY KEPUASAN
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2021
      • IKM PELAYANAN 2021
      • RTL SKM 2021
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2020
      • IKM PELAYANAN 2020
      • SKM DISKOMINFO PROV KALBAR TH 2019
      • IKM PELAYANAN 2019
      • REKAP PENGELOLAAN KONSULTASI 2019-2020
    • STANDAR LAYANAN
      • Motto
      • Visi dan Misi
      • Maklumat Pelayanan
      • ALUR PELAYANAN
      • SURAT KEPUTUSAN
  • PENGADUAN PELAYANAN
  • PPID
  • FAQ
  • KONTAK KAMI
No Result
View All Result
Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
No Result
View All Result

Cegah Hoax di Pemilu 2024, Diskominfo Kalbar Selenggarakan Diseminasi Informasi

Pontianak - Dalam upaya mewujudkan PEMILU (Pemilihan Langsung Umum) Tahun 2024 yang Damai, Jurdil (jujur dan adil) dan berkualitas di Kalbar, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat menggelar Diseminasi Informasi dengan tema Cegah Hoax Jelang Pemilu 2024 di Kalbar, bertempat di Hotel Golden Tulip (17/3/2023).

Fredy Ricky by Fredy Ricky
17 March, 2023
in Berita, Berita Utama, Daerah, Foto, Sosialisasi
0
Cegah Hoax di Pemilu 2024, Diskominfo Kalbar Selenggarakan Diseminasi Informasi

Pontianak – Dalam upaya mewujudkan PEMILU (Pemilihan Langsung Umum) Tahun 2024 yang Damai, Jurdil (jujur dan adil) dan berkualitas di Kalbar, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat menggelar Diseminasi Informasi dengan tema Cegah Hoax Jelang Pemilu 2024 di Kalbar, bertempat di Hotel Golden Tulip (17/3/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Dra. Natalia Karyawati, M.E. yang mewakili Sekretaris Daerah Kalbar, didampingi Plh. Kadis Kominfo Kalbar D. Zamroni, S.STP., M.Si. dan diisi oleh 3 narasumber dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kalbar, BAWASLU (Badan Pengawas PEMILU) Kalbar dan AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Kalbar serta peserta berjumlah 66 orang, perwakilan dari mahasiswa, organisasi pemuda, lembaga swadaya masyarakat dan media.

Dalam laporannya, Zamroni menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan organisasi/lembaga dan media untuk bersama-sama  menciptakan ruang digital yang sehat, memberikan edukasi dan sosialisasi, mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk bijak menggunakan media sosial, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk yang bisa kena pelanggaran pidana.

“Mari kita bersama mewujudkan pemilu yang damai dengan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa hoaks berbahaya. Ini harus dilakukan dengan melibatkan multisektor, karena ini bukan hanya kewajiban pemerintah saja, melainkan kita semua” pesan Zamroni.

Zamroni juga berharap rekan-rekan media bisa menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang benar, yang bisa meluruskan berita-berita hoax yang beredar di masyarakat.

“Kami sebagai Pemerintah Daerah sangat mengharapkan media untuk memberikan informasi benar dan sehat untuk pemilu berkualitas, sehingga masyarakat tidak diributkan dan tidak terjadi polarisasi agama, suku, etnis dan sebagainya. Mari fokus pada gagasan dan ide calon, hindari polarisasi agama, suku, dan etnis” harapnya.

Membacakan sambutan dari Sekda, Natalia menyampaikan bahwa tahun 2024 adalah momen politik penting karena akan ada pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD yang diadakan secara serentak, diikuti oleh pilkada. Seiring dengan hal itu, berita bohong dan disinformasi akan banyak bermunculan.

“Saya mengajak agar pers sebagai pilar demokrasi bisa mencegah hoaks dan disinformasi. Semua jajaran kpu harus menyadari besar dan pentingnya tugas untuk mengawal pesta demokrasi bangsa kita. Melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam rangka mewujudkan proses pemilu 2024 yang damai, jujur dan berintegritas” ujar Natalia.

Selain itu, Natalia juga menyampaikan bahwa penting bagi semua pihak untuk mendorong kampanye yang berkualitas dan menyehatkan demokrasi, serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan memprioritaskan politik berbasis gagasan, bukan adu domba.

“Kita sadari bahwa perubahan itu membutuh proses. Terus bersinergi membagi peran dalam pembangunan provinsi kalbar yang lebih baik ke depan” pesannya.

 

Dokumentasi :

Tags: Diseminasi InformasiHoaxKalbarKominfoPemilu 2024
Previous Post

[Infografis] Selamat Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia

Next Post

[Infografis] Hari Arsitektur Indonesia

Fredy Ricky

Fredy Ricky

Next Post
[Infografis] Hari Arsitektur Indonesia

[Infografis] Hari Arsitektur Indonesia

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Link Terkait

GPR

Statistik Pengunjung


Jalan Ahmad Yani, Gedung Pelayanan Terpadu Lt. 6, Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat Pontianak
Telp. - WA : 089699305225 E-Mail : diskominfo@kalbarprov.go.id

Follow Us

  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
  • GALERI

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

No Result
View All Result
  • HOME
  • PPID
  • KIM PROVINSI
  • MEDIA CENTER
    • Motto
    • Visi dan Misi
    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Operasional Prosedur (SOP) – Media Center
    • Alur Pelayanan Media Center
  • GALERI
    • Foto
    • Video

Dikelola Diskominfo Prov Kalbar

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In