Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image

June 1, 2024

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kalbar: Menguatkan Identitas Bangsa di Era Teknologi

Pontianak - Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), dilaksanakan Upacara Bendera bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Sabtu (1/6/2024).

 

Upacara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar Mohammad Bari, S. Sos., M.Si., selaku inspektur upacara dan diikuti oleh Forkopimda Kalbar, jajaran Kepala Perangkat Daerah, serta peserta upacara yang terdiri dari ASN di lingkungan Pemprov. Kalbar.

 

“Hari ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat beserta Forkopimda memperingati hari ini dengan melaksanakan upacara di Kompleks Kantor Gubernur Kalbar, dan saya menyampaikan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Indonesia,” tutur Pj. Sekda Bari saat diwawancarai.

 

Pj. Sekda Bari juga menyampaikan, di tengah gencarnya teknologi informasi, Pancasila diharapkan tidak lagi diragukan maknanya. Pancasila dinilai sebagai ideologi yang masih tetap relevan sampai saat ini dan diyakini akan tetap relevan di masa mendatang. “Nilai-nilai murni dan luhur yang terkandung dalam Pancasila selama ini telah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan insyaallah akan selalu menjadi nilai-nilai luhur, meskipun perkembangan teknologi informasi semakin pesat,” tuturnya.

 

Melalui momentum Hari Lahir Pancasila ini, Pj. Sekda Bari berharap para generasi Z mampu menjadikan Pancasila sebagai pedoman yang kuat dalam menghadapi tantangan era digital saat ini. “Kita berharap para generasi Z dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila melalui media-media teknologi. Dengan demikian, mereka bisa mengembangkan dan menguatkan nilai-nilai tersebut untuk mengantisipasi pengaruh-pengaruh negatif, sehingga Pancasila akan menjadi dasar dalam mempersatukan negara Indonesia,” harapnya.

 

Acara peringatan ini juga rangkaikan dengan dengan pencanangan gerakan pengibaran bendera merah putih yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih secara simbolis oleh Pj. Sekda Kalbar kepada perwakilan Pangdam XII Tanjungpura, Kapolda Kalbar, Ketua DPRD Prov. Kalbar, Direktur Utama Bank Kalbar dan DPD Gerakan Pembumian Pancasila Kalimantan Barat.

 

Pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila ini juga diwarnai dengan kekhasan budaya, di mana seluruh peserta mengenakan baju adat daerah masing-masing. Pemandangan ini tidak hanya menambah semarak suasana, tetapi juga memperlihatkan kekayaan dan keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

June 1, 2024