Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
July 17, 2024

Pimpin Upacara Hut Ke-17 Kubu Raya, Pj. Sekda M. Bari Himbau Perkuat Sinergi Lintas Elemen Demi Kemajuan Daerah

KUBU RAYA - Penjabat (Pj) Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Mohammad Bari, S.Sos., M.Si., menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 tahun Kabupaten Kubu Raya di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (17/7/2024).

Dalam sambutannya, Mohammad Bari, mengajak agar seluruh elemen dan lapisan  masyarakat Kubu Raya jadikan gelora dalam memperingati hari jadinya . Ini menjadi momen kenangan indah kita, untuk kembali mengingat kilas balik bagaimana para inisiator dan perintis yang telah berjuang bahu-membahu dan tak mengenal lelah membawa setitik asa dari seluruh Masyarakat untuk Kabupaten Kubu Raya.

"Dalam suasana penuh kebahagian ini, Saya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, mengucapkan Selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya dan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya, yang pada saat ini dalam suasana penuh kegembiraan menyambut hari jadi yang ke-17 tahun ," ucap Pj. Sekda Kalbar.

Lanjutnya, sejalan dengan tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Kubu Raya Tahun 2024 yaitu “Masyarakat Makmur, Bersatu, Bermartabat dan Sejahtera”, tersirat makna bahwa demi kemajuan dan kesejahteraan Kubu Raya merupakan tanggung jawab bersama. 

Yang mana dalam hal ini Pemerintah Daerah dituntut untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh Stakeholders dan elemen yang ada, baik itu pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta dalam membangun Kabupaten Kubu Raya.

"Pemerintah Kabupaten Kubu Raya harus dapat menggali seluruh potensi yang ada di Kabupaten Kubu Raya dengan optimal, baik potensi Sumber Daya Alam maupun potensi Sumber Daya Manusia untuk meningkatkan taraf ekonomi serta kesejahteraan masyarakat," ujar Mohamad Bari.

Bertepatan dengan momen di Hari Jadi ke- 17 tahun Kabupaten  Kubu Raya ini, Bari berharap agar pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kubu Raya terus mengalami perkembangan dan kemajuan. Pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah harus dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Demikian pula dengan posisi strategis Kabupaten Kubu Raya yang menjadi pintu gerbang ke Kalimantan Barat khususnya melalui jalur udara untuk memacu percepatan Pembangunan di berbagai sektor. 

"Tumbuhnya investasi dibidang perhotelan, kuliner dan wisata sebagai bentuk bukti nyata bahwa Kubu Raya telah berevolusi begitu cepat dari pembangunan dan ini harus dijaga agar momentum tersebut dapat lebih meningkat lagi, sehingga memberikan peluang kerja bagi masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah," harapnya.

Disisi lain, Bari menyebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan seluruh Stakeholder terkait dalam rangka menajamkan sinergi pembangunan yang berkelanjutan, antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan seluruh daerah Kabupaten/Kota se- Kalimantan Barat termasuk beberapa penekanan dari Presiden RI Joko Widodo.

“Jadi tetap konsisten untuk mengendalikan Inflasi, dimana seluruh Pemerintah Daerah untuk terus dapat menjaga ketersediaan pasokan kebutuhan pokok, terus melakukan pemantauan harga, selalu turun ke lapangan, lakukan intervensi apabila ada potensi harga naik, gunakan anggaran Tak Terduga serta intensifkan pola Kerjasama Daerah. Kemudian dukungan pada program prioritas pemerintah, yakni penurunan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem, pemberantasan Stunting, dan Hilirisasi Industri. Kemudian mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum melalui dukungan anggaran biaya, menjaga netralitas dan menjaga kerukunan dan stabilitas masyarakat serta Alokasi Stimulus Ekonomi dan Bantuan Sosial, melalui pemberian Bantuan Sosial bagi Masyarakat terdampak, Gelar Pasar Murah, Bantuan Beras/Pangan, dan mengutamakan Produk dalam Negeri”, jelas Bari 

Namun demikian, dirinya juga berpesan agar perlu dipersiapkan dan dioptimalkan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupa akses transportasi baik darat maupun Sungai dari dan menuju ibukota Kabupaten Kubu Raya.

"Kita berharap segala upaya yang telah dan akan kita laksanakan, membawa Kabupaten Kubu Raya yang kita cintai ini semakin maju di masa yang akan datang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai, merahmati, memudahkan setiap iringan langkah kita," pungkasnya.

Tampak hadir mantan Bupati Kubu Raya Periode 2014-2019 H. Rusman Ali, mantan Wakil Bupati Kubu Raya periode 2019-2024 Sujiwo, S.E., Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Unsur Forkopimda, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kalbar, serta Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Instansi Vertikal Kab. Kubu Raya, Perbankan, BUMN, BUMD, Para Sesepuh, Tokoh Adat, para Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Organisasi Keagamaan, Adat, Kemasyarakatan, Kepemudaan. (rfa/biro adpim)

 

July 17, 2024