Layanan Jaringan

DESKRIPSI

Layanan Jaringan merupakan layanan untuk mengakomodir kebutuhan jaringan dan akses internet serta penanganan gangguan jaringan dan internet pada OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

SYARAT LAYANAN

Permintaan layanan ditujukan kepada Kepala DinasKomunikasidanInformatikaProvinsi Kalimantan Barat melaluisurat yang ditandatanganiKepala OPD yang dibubuhi cap/stempel OPD.

SOP Pemasangan jaringan

1. Pengguna/user menyampaikan permintaan penambahan/pemasangan jaringan kepada Kepala UPDE melalui surat.
2. Kepala UPDE menerima dan meneruskan surat permintaan kepada Seksi Sistem Program & Administrator.
3. Kepala Seksi Sistem Program & Administrator akan meneruskan kepada teknisi jaringan untuk dilakukan survey terhadap permintaan tersebut.
4. Teknisi jaringan akan melakukan survey setelah mendapat perintah dari Kepala Seksi Sistem Program & Administrator. survey jaringan meliputi ketersedian slot/tempat dan kebutuhan peralatan/bahan untuk pemasangan/penambahan jaringan.
5. Setelah dilakukan survey, jika Peralatan tidak memadai maka teknisi melapor kepada Kepala Seksi Sistem Program & Administrator dan jika memadai maka teknisi melakukan pemasangan.
6. Kepala Seksi Sistem Program & Administrator akan membuat surat balasan atas permintaan tersebut terkait kebutuhan peralatan/bahan atau ketersedian slot/tempat.
7. Pengguna menyediakan peralatan yang dibutuhkan.
8. Teknisi jaringan melakukan pemasangan setelah peralatan/bahan tersedia.
9. Setelah pemasangan jaringan selesai dilakukan dan koneksi berjalan dengan baik, maka pengguna diminta untuk menandatangani form pemasangan jaringan yang dibawa oleh teknisi.

SOP Penanganan Gangguan Internet

1. Pengelola Sistem dan Jaringan menerima keluhan gangguan internet dari pengguna.
2. Pengelola Sistem dan Jaringan mengidentifikasi masalah, apakah permasalahan terdapat pada jaringan intranet atau internet.
3. Jika permasalahan intranet maka Pengelola Sistem dan Jaringan melakukan prosedur SOP Penanganan Keluhan Jaringan.
4. Jika permasalahan internet pada layanan penyedia/provider internet, segera hubungi Provider Internet sebagai penyedia layanan. Provider internet melakukan penanganan gangguan dan melapor kepada Pengelola Sistem dan Jaringan.
5. Pengelola Sistem dan Jaringan memonitor keberlangsungan layanan internet sesuai dengan Service Level Agreement yang telah disepakati pada kontrak berlangganan.
6. Pengguna dapat mengakses Internet seperti sediakala.

SOP Pemasangan jaringan

1. Pengguna jaringan (user) menyampaikan keluhan/ masalah koneksi kepada petugas/staf Unit PDE melalui telepon atau media lain.
2. Petugas menerima keluhan gangguan dan mengidentifikasi identitas pengguna serta lokasi gangguan jaringan (nama & unit kerja/lokasi). Kemudian melakukan prosedur penanganan dasar, yaitu dengan menanyakan apakah gangguan koneksi terjadi hanya pada PC pengguna atau juga dialami oleh seluruh pengguna pada lokasi tersebut.
3. Pengguna memeriksa ketersediaan koneksi jaringan, jika hanya PC pengguna saja yang tidak dapat mengakses jaringan maka pengguna memeriksa konfigurasi kabel dan wifi client, jika seluruh PC pada lokasi tersebut tidak dapat mengakses jadingan maka langkah selanjutnya akan dipandu oleh petugas.
4. Petugas meminta kepada pengguna untuk me-reset hub atau wifi power yang terdapat pada ruangan selama 5 s/d 10 detik, kemudian reconnect.
5. Pengguna me-reset hub atau wifi power sesuai petunjuk petugas, kemudian memeriksa apakah koneksi sudah kembali normal, jika belum maka sampaikan kepada petugas.
6. Petugas menerima konfirmasi kondisi koneksi setelah tindakan awal penanganan gangguan dilakukan, kemudian meminta pengguna untuk menunggu teknisi jaringan yang akan memeriksa kondisi di lapangan segera setelah laporan diterima. Petugas mencatat identitas dan keluhan pengguna ke dalam aplikasi .net explorated.
7. Teknisi menerima keluhan gangguan jaringan pada sistem .net explorated, kemudian mencetak formulir gangguan jaringan dan mendatangi lokasi gangguan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki permasalahan jaringan.
8. Setelah perbaikan dilakukan dan koneksi jaringan kembali normal, pengguna menandatangani formulir gangguang jaringan yang dibawa oleh teknisi sebagai bukti bahwa penanganan telah dilakukan.
9. Teknisi melaporkan identifikasi permasalahan melalui sistem .net explorated barikut tindakan yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut.

SOP Penyedia Akses internet

1. Kepala Seksi Sistem Program dan Administrator menentukan spesifikasi kebutuhan dan kapasitas bandwidth yang diperlukan sesuai dengan ketersediaan anggaran.
2. PPTK melakukan proses pengadaan/kontrak bandwidth berlangganan per tahun anggaran.
3. KPA menetapkan penyedia/provider internet yang berkewajiban menyediakan layanan bandwidth selama masa kontrak berlangganan.
4. Penyedia/provider internet yang telah ditunjuk melakukan instalasi/pengaturan dalam menyediakan layanan bandwidth.
5. Pengelola Sistem dan Jaringan melakukan manajemen bandwidth untuk didistribusikan kepada pengguna yaitu meliputi layanan internet kepada pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dan penyediaan bandwidth untuk akses server aplikasi Pemprov. Kalbar.

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.