Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
August 12, 2024

17 Mahasiswa BSI Pontianak Ikuti Pembekalan di Diskominfo Kalbar

PONTIANAK -- Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Barat melakukan pembekalan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), sebelum nantinya akan didistribusikan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kalimantan Barat, pada Senin (12/8/2024) di Ruang Rapat Diskominfo Kalbar.
Pada kesempatan tersebut, Ketua Prodi Sistem Informasi BSI Kota Pontianak, Muhammad Soni Maulana, menerangkan, kerjasama kali ini meneruskan MoU yang sudah terjalin antara BSI Kota Pontianak bersama Pemerintah Provinsi Kalbar.
“Kemudian kita menghubungi Dinas Kominfo Kalbar melalui Bidang Aplikasi dan Informatika untuk melakukan magang mahasiswa. Untuk magang kali ini lebih kita fokuskan kepada tenaga-tenaga IT, sehingga penempatannya juga lebih pas. Biasanya kita magang ditempat yang lain, tidak ditempatkan di bidang IT, kalau sekarang ditempatkan dibidang IT, sehingga ini sangat baik sekali dari sisi perkembangan mahasiswa/mahasiswi kami,” ujarnya
Dirinya mengungkapkan dengan adanya magang ini diharapkan, apa yang sudah dipelajari mahasiswa/mahasiswi selama diperkuliahan bisa diimplementasikan secara baik dan secara langsung, dalam bentuk pengalaman terhadap proses PKL seperti saat ini.
“Harapan kami mereka mendapatkan pengalaman di dunia kerja, dan tentunya ini merupakan salah satu cara pembelajaran yang nantinya akan mereka implementasikan dalam bentuk tugas akhir. Yang mana mereka sudah merancang atau menganalisis dulu kondisi-kondisi sistem yang ada. Misalnya ada fitur-fitur yang perlu diperbaiki, sehingga mereka buat rancangannya,” ungkapnya. 
Lanjutnya, ataupun ketika para mahasiswa/mahasiswi sudah mendapatkan pengalaman sebuah sistem yang sudah berjalan, para mahasiswa/mahasiswi mendapatkan gambaran sistem yang berjalan di dinas, sehingga sistem yang berjalan di dinas ini bisa Amati, Tiru, Modifikasi ditempat yang lain jika ada kebutuhan seperti itu. 
“Jumlah yang magang kali ini ada 17, 16 kita terapkan di OPD, sedangkan satunya kita tempatkan di Diskominfo, khusus yang di Diskominfo diterapkan di pemograman. Sedangkan yang lainnya itu tentang pengolahan data, kemudian juga pendataan, serta analisis sistem. Untuk magang ini pelaksanaannya tiga bulan, boleh diperpanjang asalkan mahasiswa tersebut di bulan Desembar sudah membuat laporan,” jelasnya.
August 12, 2024