Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
October 12, 2023

Diskominfo Kalbar Gelar Kegiatan Analisis, dan Diseminasi Data Statistik Sektoral Tahun 2023

Pontianak - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, melalui Bidang Persandian dan Statistik, menyeleng garakan kegiatan Analisis, dan Diseminasi Data Statistik Sektoral Tahun 2023, bertempat di Ruang Praja II Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (12/10/2023).

 

Kegiatan ini diikuti oleh admin pengelola data dari perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sejumlah narasumber yang ahli dalam bidang data statistik turut diundang untuk memberikan wawasan yang berharga. Salah satu narasumber utama adalah Hendra, S.Sos. M.Si, Kepala Seksi Analisis Data Statistik dari Diskominfo Kalbar, yang akan menjadi sumber pengetahuan utama pada acara ini. Moderator kegiatan ini adalah Evi Kusuma, S.T., Fungsional Statistisi Ahli Muda di Dinas Kominfo Prov. Kalbar.

 

Plh. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Marwan Seregar, M.Si, membuka kegiatan ini secara langsung. Ia menyampaikan pentingnya koordinasi yang kuat dalam pengumpulan dan pengolahan data statistik sektoral, yang akan menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan dan perencanaan pembangunan di wilayah ini.

 

"Saya berharap di kegiatan ini kita dapat masukan dan saran dari para admin, tolong disampaikan kepada perangkat daerahnya, bahwa perencanaan di perangkat daerah itu sudah berbasis data, yaitu data yang benar dan akurat,” harapnya.

 

Plh. Kadis Marwan Seregar juga berharap, dengan kehadiran para admin pengelola data, Dinas Kominfo bisa mendapatkan masukkan, untuk menyusun bagaimana perencanaan ke depan dan apabila sudah terkumpul semua datanya dengan baik, akan dibuat data pembanding apakah data yang ada sudah benar atau belum.

 

"Saya harap bapak ibu bisa turut aktif memberikan masukkan mengenai hal-hal yang terkait dengan yang akan diinput serta permasalahan yang dialami” pungkasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyajikan data yang relevan dan tepat sasaran dengan mendiseminasikan hasil analisis dalam bentuk infografis dan infografik ke portal Satu Data Kalbar, sebagai respons terhadap data yang telah disampaikan oleh perangkat daerah. Dengan demikian, hal ini akan mendukung upaya perencanaan strategis yang lebih baik, serta membantu pembuatan kebijakan yang lebih efektif untuk kemajuan Kalimantan Barat.

October 12, 2023