Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

September 25, 2023

Diskominfo Kalbar Gelar Pengumpulan dan Pengelolaan Data Statistik Sektoral Tahun 2023

Pontianak - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan Pengumpulan dan Pengelolaan Data Statistik Sektoral tahun 2023, yang melibatkan admin pengelola data pada Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini berlangsung di ruang Praja 2, Kantor Gubernur Kalimantan Barat, pada hari Senin (25/9/2023).

 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Plh. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Barat, Maria Wijayanti, S.T., M.T., didampingi oleh Kepala Seksi Analisis Data Statistik, Hendra, S.Sos., M.Si, serta narasumber dari Diskominfo Kalimantan Barat, yaitu Evi Kusuma, S.T., yang menjabat sebagai Fungsionaris Statisi Ahli Muda.

 

Maria Wijayanti dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pengumpulan dan pengolahan data agar tersusun sebagai informasi dalam bentuk struktur dan format baku, diperlukan komitmen dan kerjasama antar setiap pihak yang terlibat, termasuk BPS, Bappeda, Instansi Pusat, Daerah, perorangan, dan Badan Hukum yang menggunakan data. Hal ini juga mencakup Produsen data, yang dalam hal ini adalah Dinas Kominfo.

 

"Pengumpulan dan pengelolaan data statistik yang baik adalah yang sudah sesuai dengan standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas data, yaitu kemampuan sistem elektronik untuk berbagi data dan informasi secara terintegrasi dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), untuk peningkatan kinerja di bidang persandian dan statistik,” jelas Maria.

 

Statistik Sektoral adalah data yang dikumpulkan untuk memenuhi kebutuhan instansi Pemerintah dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan. Statistik ini diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah sesuai dengan tugas dan fungsinya, dengan cara seperti survei, kompilasi administrasi, dan metode lainnya.

September 25, 2023