Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
September 13, 2024

Diskominfo Kalbar Terima Hasil Sementara Penilaian Tingkat Kematangan Keamanan Siber dan Sandi

PONTIANAK – Setelah selama tiga hari mengikuti Penilaian Tingkat Kematangan Keamanan Siber dan Sandi di yang diselenggarakan Oleh Badan Siber dan Sandi Negara, pada Kamis (12/9) Diskominfo mendengarkan hasil sementara penilaian yang dilakukan oleh BSSN.
Pada reviu pelaksanaan PTKKSS Tahun 2024, pada kategori Indeks Keamanan Informasi (KAMI) 2024 SE : Eactivity Kategori SE dengan nilai Tinggi (21), skor : 513 (Cukup Baik). 
Sementara pada kategori Cyber Security Maturity, di Tahun 2024 memperoleh skor : 3,59, dengan level kematangan Level 4. 
Di kategori Evaluasi Pelaksanaan Paminfo, di Tahun 2024 memperoleh skor 78,312 dengan kepatuhan : Cukup. 
Tim assessor dari Badan Siber dan Sandi Negara, Nurman YS mengatakan, penilaian dilakukan selama tiga hari, pada tanggal 10-12 September 2024, dengan mengukur tiga instumen yaitu Indeks Keamanan Informasi (KAMI), Cyber Security Maturity, dan Evaluasi Pelaksanaan Paminfo. 
Dikatakannya, penilaian terhadap 5 Area Penilaian Indeks KAMI Pemprov Kalbar Tahun 2024 adalah Sistem Elektronik kategori Tinggi (E-Activity), hasil pengukuran bernilai 513 dengan hasil evaluasi akhir Cukup Baik dan Tingkat Kematangan II s/d III+. 
“Hasil tersebut mendefinisikan kerangka kerja dasar telah didefinisikan dan diterapkan dengan baik, serta terdokumentasi secara resmi. Bentuk pengamanan telah diterapkan secara pro-aktif dan konsisten. Pengamanan telah dilakukan secara kontinu dan efektif melalui program pengelolaan risiko terstruktur. Pengamanan informasi dan menejemen risiko terintegrasi dengan tugas pokok instansi. Serta pegawai proaktif,” ungkapnya. 
Pada instrumen CSM, hasil penilaian tingkat kematangan level 4 dengan skor 3,59 yang mendefinisikan bahwa penerapan keamanan siber. 
“Hasil tersebut mendefinisikan terkelola dengan baik, terorganisir dengan baik, implementasi perbaikan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan, serta penerapan keamanan siber dapat terukur dengan baik,” bebernya. 
Sementara itu, pada instrumen Evalpaminfo, hasil evaluasi Pemprov Kalbar telah diperoleh nilai 78,312 (cukup) dengan capaian telah berada pada ambang batas target nasional yaitu 74.
September 13, 2024