Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
December 12, 2023

Evaluasi Kinerja Media Center Daerah, Diskominfo Kalbar Gelar Rakor

Pontianak - Dalam rangka monitoring dan evaluasi Media Center Daerah di Provinsi Kalimantan Barat, Direktorat Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prov. Kalbar menggelar Rapat Koordinasi. Kegiatan yang digelar baik secara daring (online) maupun luring (offline) ini dibuka langsung oleh Plh. Kepala Diskominfo Prov. Kalbar, Drs. Marwan Seregar, M.Si, bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Prov. Kalbar, Senin (11/12/2023).

Rakor ini menghadirkan narasumber dari Redaktur (Untung Sutomo) dan Sekretaris Redaksi (M. Aditya Dwiki) dari infopublik.id Kementerian Kominfo RI. Melalui rapat ini diharapkan dapat menjadi platform strategis untuk menyatukan langkah-langkah dalam mengelola Media Center Daerah.

Dalam sambutannya, Marwan Seregar mengungkapkan keterkaitan rapat ini dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik.

"Sejalan dengan amanat Instruksi Presiden, Kementerian Komunikasi dan Informatika diinstruksikan untuk melakukan perencanaan, penyiapan, dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah," ujar Marwan Seregar.

Ditekankan bahwa InfoPublik.id memiliki peran strategis dalam mendesiminasikan pemberitaan dengan dasar utama agenda setting pemerintah. Kredibilitas informasi yang dihasilkan oleh InfoPublik.id diakui lebih akurat, valid, dan terpercaya, seiring dengan pelaksanaan reportase langsung dari reporter InfoPublik.id maupun Media Center Daerah sebagai mitra jejaringnya di daerah.

Marwan Seregar juga menegaskan pentingnya pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi terhadap Media Center Daerah. Proses ini dianggap sebagai langkah krusial untuk pengumpulan data berkala guna memantau perkembangan dan pelaksanaan program atau kebijakan di setiap Media Center Daerah. Evaluasi tersebut bertujuan untuk menilai efektivitas, efisiensi, dan dampak dari kegiatan yang dilakukan.

"Dengan diadakannya Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Media Center Daerah di Provinsi Kalimantan Barat ini, kami berharap dapat meningkatkan koordinasi dan diseminasi narasi tunggal secara nasional terkait dengan komunikasi publik pemerintah dan pemerintah daerah," harap Marwan Seregar.

Kegiatan ini melibatkan pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Diskominfo Kalbar serta admin pengelola Media Center dan Info Publik se-Kalimantan Barat. Rapat ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas dan efisiensi penyampaian informasi publik di wilayah Kalimantan Barat.

December 12, 2023