Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
October 11, 2023

Guna Meningkatkan Kesadaran Akan Keamanan Siber, Diskominfo Kalbar Gelar Sosialisasi Kemanan Informasi

Pontianak - Dalam upaya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang keamanan siber dan praktik keamanan terbaik, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Persandian Statistik telah sukses menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Keamanan Informasi. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Praja II, Kantor Gubernur Kalbar, pada hari Rabu (11/10/2023).

 

Kegiatan yang memiliki tema "Penguatan (Hardening) Personal Komputer dan Jaringan Komputer" ini dilaksanakan dalam format hybrid, yang menggabungkan sesi tatap muka (luring) dan sesi online (daring). Peserta kegiatan terdiri dari pengelola teknologi informasi yang bertugas di berbagai perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

 

Pembukaan kegiatan ini secara resmi dilakukan oleh Pelaksana Harian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Marwan Seregar, M.Si. Ia didampingi oleh Pelaksana Harian Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, M. Ferri Sutriana, A.Md.

 

Narasumber yang berkompeten dalam bidang keamanan informasi berasal dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan memberikan materi tentang "Penguatan Keamanan Informasi." Selain itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat juga turut berperan dengan menyampaikan materi dalam sesi "Sosialisasi Manajemen Keamanan Informasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik."

 

Dalam sambutannya, Drs. Marwan Seregar, M.Si. menyampaikan data yang mengkhawatirkan, yang diungkap oleh Badan Siber dan Sandi Negara per tanggal 9 Oktober 2023. Menurut data tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah mengalami sebanyak 6.809.534 percobaan serangan siber, dengan indikasi dugaan kebocoran data pada sebanyak 1.866 akun.

 

Dengan latar belakang tersebut, kegiatan ini diadakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan pada komputer pribadi (PC) dan jaringan komputer. Hal ini diperlukan untuk melindungi data sensitif dan keamanan data publik, mengingat pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam hal ini.

October 11, 2023