Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
March 4, 2024

Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52, TP PKK Se- Kalbar Tanam 8000 Bibit Cabai untuk kendalikan Inflasi

 

Dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52, Provinsi Kalimantan Barat turut serta dalam momentum GERTAM CABAI SERENTAK NASIONAL yang dihadiri langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Istri Wakil Presiden Wury Ma'ruf Amin, dan Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

 Pada saat yang sama, TIM PENGERAK PKK PROVINSI KALIMANTAN BARAT juga melaksanakan GERTAM CABAI SERENTAK NASIONAL di kebun percontohan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat, yang terletak di Jalan Alianyang, Kota Pontianak, pada hari Senin (4 Maret 2024).

 Hadir dalam pelaksanaan tersebut adalah Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Florentinus Anum, M.Si., serta Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dari POKJA III, serta diikuti oleh ASN di lingkungan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat.

 Di Provinsi Kalimantan Barat, penanaman cabai serentak tersebut dipusatkan di Kabupaten Sanggau yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pada kesempatan itu, Pj Ketua TP-PKK Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, berinteraksi secara virtual dengan TP-PKK kabupaten/kota dalam momentum tersebut.

 Penanaman cabai serentak dilakukan di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat dengan jumlah bibit mencapai delapan ribu. Ny. Windy optimis bahwa angka inflasi di Kalimantan Barat dapat dikendalikan, terutama harga cabai, melalui program Gertam Cabai.

 Pj Ketua PKK, Ny. Windy, mengajak keluarga untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dengan menanam cabai. Dia menegaskan bahwa TP-PKK Kalimantan Barat akan terus mendukung program penanaman cabai di setiap rumah tangga.

 Instruksi telah diterima dari TP-PKK pusat agar melakukan upaya konkret dalam menekan harga cabai, termasuk memperkuat Gertam Cabai secara aktif di seluruh daerah.

 Ny. Windy berharap agar TP-PKK dari 14 kabupaten/kota dapat terus menggencarkan Gertam Cabai dengan inovasi-inovasi baru, serta berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah menekan angka inflasi.

 TP-PKK memiliki 10 tugas pokok yang sejalan dengan Gertam Cabai sebagai upaya penekanan inflasi, terutama pada Pokja III yang memiliki program pengelolaan pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga.

 Ny. Windy juga menekankan agar tidak hanya TP-PKK yang aktif, tetapi juga bagaimana TP-PKK dapat mengajak partisipasi masyarakat dalam menggunakan pekarangan rumah sebagai upaya penekanan inflasi.

Setelah Kegiatan Penanaman, TIM PENGGERAK PKK PPROV KALBAR Diajak Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan  Holtikultura Prov.Kalbar untuk Panen Perdana Hasil Kebun Percontohan  yang sudah siap panen dan berkeliling kebun untuk melihat beberapa proses persemaian, pembibitan, serta mendapatkan edukasi untuk merawat tanaman pangan yg bisa di tanam di pekarangan sekitar rumah.

 

 

 

 

 

March 4, 2024