Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
September 11, 2024

HUT ke-79, RRI Gelorakan Inspirasi Keindonesiaan

PONTIANAK -- Radio Republik Indonesia (RRI) Pontianak menggelar puncak acara HUT RRI ke-79, di Aula LPP RRI Pontianak, pada Rabu (11/9/2024). Pada kesempatan tersebut, juga menyaksikan prosesi penyulutan obor Tri Prasetya. Mengusung Tema Inspirasi Keindonesiaan, kehadiran RRI sebagai lembaga penyiaran radio pertama di Indonesia, terus berkomitmen sebagai media yang menggelorakan keberagaman.
“Keberagaman yang dimiliki Kalimantan Barat pada khususnya dan Indonesia pada umunya merupakan sebuah kekuatan yang harus dirangkul. Karena itu, RRI hadir menggelorakan nilai setiap etnis, adat budaya dan agama yang ada sesuai tema Inspirasi Keindoneisaan,” ucap Kepala Stasiun RRI Pontianak, Muhsin Zein. 
Muhsin menuturkan, RRI akan terus menjadi simbol persatuan dan keberagaman. Pada usia 79 tahun ini, LPP RRI telah dan akan terus menjadi perekat jembatan masyarakat dalam memberikan dan mendapatkan informasi.
“LPP RRI berkomitmen memberikan layanan penyiaran yang berkualitas kepada publik. Lompatan besar yang merubah tatanan kehidupan membuat perubahan zaman di era disrupsi menjadikan Radio Republik Indonesia (RRI) harus mengambil langkah strategis. 79 tahun usianya, RRI terus melakukan transformasi untuk memberikan akses yang mudah bagi para pendengar dan pembacanya.
Dikatakannya, di era disrupsi ini, RRI telah mengambil langkah strategis lima pilar yang mendasari operasional dan visi RRI sebagai media yang terpercaya dan mendunia.
Pilar yang pertama radio sebagai layanan utama yang sampai saat ini di ditengah multi platform. Kedua, Portal berita online atau RRI News dan aplikasi RRI memberikan akses berita yang mudah dan feksibel bagi para penggunanya.
“Saat ini, seluruh berita dan siaran dapat dinikmati bisa melalui portal dan aplikasi, dengan demikian publik bisa mengakses berita RRI kapan saja dan dimana saja. Pada Agustus 2024 kemarin, Portal RRI berada di peringkat 30 nasional katagori news dan publisher dari ribuan portal media yang ada,” ujarnya. 
 
Lanjutnya, yang ketiga, kehadiran platform RRI Digital dirancang untuk menjagkau khalayak umum dan pendengar serta pembaca untuk meningkatkan interaksi masyarakat dan memperkuat hubungan antar sesama. Keempat, menjadikan media sosial sebagai salah satu saluran yang cepat dan menghibur. Selain aktif dalam dunia penyiaran, RRI juga terus aktif menyajikan berbagai informasi yang menarik, menghibur dan akurat pada berbagai platform media sosial.
Kelima, RRI juga terus berkomitmen dalam perawatan komunitas yang beragaman sebagai salah satu bentuk pelayanan publik.
 
“Komitmen ini perlu energi transformasi yang kuat, skil atau kompetensi secara multi media demi mewujudkan RRI sebagai multi media platfom berbasis radio. Dengan berbagai langkah tersebut, kami berharap dapat terus memenuhi ekpektasi masyarakat dan memeperkuat peran sebagai lembaga penyiaran publik yang inovatif dan terpecaya serta memberikan informasi pendidikan dan hiburan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat,” harapnya. 
Mewakili Pj Gubernur Kalbar, Staf Ahli Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, Alexander Rombonang  mengapresiasi kehadiran LPP RRI yang terus eksis hingga berusia ke-79 tahun ini. Ia mengatakan, bahwa RRI sebagai lembaga penyiaran di Indonesia menjadi bagian penting dalam kehidupan, bukan hanya sekedar hiburan tetapi dalam menyampaikan informasi di tengah kehidupan masyarakat.
“RRI merupakan lembaga penyiaran publik yang menyandang nama Indonesia maka dapat diartikan untuk kepentingan negera dalam memberikan pelayanan informasi, pendidikan, hiburan yang sehat control sosial dan perekat sosial serta memperkuat budaya melalui penyelenggaraan penyiaran dan platform yang ada untuk seluruh masyarakat Indonesia dan citra Indonesia di dunia,” jelasnya. 
Selain itu, Alexander Rombonang juga berharap agar RRI bisa menyajikan informasi pesan pembangunan dan demokrasi terlebih kata dia, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Maka RRI harus menjadi media rujukan semua.
“Maka diharapkan masih eksisnya LPP RRI semoga menjadi penyiaran publik yang independen dan netral serta menjadi rujukan informasi di tengah  kehidupan masyarakat,” imbuhnya.
September 11, 2024