Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
July 16, 2024

Ketua Perwosi Windy Ajak Wanita Kalbar Budayakan Olahraga Untuk Mencapai Indonesia Emas 2045

JAKARTA - Ketua Persatuan Olahraga Wanita Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si yang juga selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PERWOSI Tahun 2024 yang mengangkat tema “Perwosi Membangun Generasi Emas Indonesia Sehat”. di Ballroom 2 Hotel JS Luwansa, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2024).

Kegiatan Rakernas Perwosi dibuka secara langsung oleh Ketua Umum KONI dalam hal ini Ketua Bidang Pembinaan Organisasi, Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Eko Budi Soepriyanto dan dihadiri Ketua Umum PERWOSI, Tri Tito Karnavian serta Ketua dan perwakilan Pengurus PERWOSI se Indonesia.

"Hari ini Kalimantan Barat menjadi salah satu peserta dari Rakernas PERWOSI 2024 dan Bendera PERWOSI Kalimantan Barat  berhasil berada di jajaran Provinsi se Indonesia," ungkap Ketua PERWOSI Kalbar,Windy Prihastari.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa bahwa perwosi yang merupakan suatu organisasi wadah yang mempunyai peran membudayakan olahraga yang dimulai dari lingkungan keluarga. 

"Seperti kita ketahui olahraga sangat penting untuk menciptakan generasi-generasi sehat untuk mencapai indonesia emas 2045. Ini peran perwosi mensosialisasikan dan sosialisasi ini bukan hanya sekedar promosi dalam bentuk digital dan lain-lain tetapi harus mengajak langsung masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan secara mandiri," harapnya.

Tak hanya itu, program kerja PERWOSI khususnya peran wanita yang telah disusun secara Nasional untuk di Tahun 2025 salah satunya agar masyarakat terus menggabungkan dan semangat dalam berolahraga.

"Sebenarnya Pemerintah sangat terbantu sekali dengan hadirnya PERWOSI ini menjadi mitra dari pemerintah dalam melaksanakan tugasnya dalam hal ini disporapar yang salah satu tugasnya adalah memasyarakatkan olahraga dan membudayakan olahraga di tengah masyarakat," terangnya.

Kemudian Windy yang juga menjabat sebagai Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan bahwa saat ini melihat aksi nyata yang dilakukan dari hulu dalam rangka sosialisasi untuk mencegah stunting yakni mulai dari remaja putri dengan menggaungkan pola hidup sehat kemudian dibantu dengan makanan sehat serta rutin minum tablet tambah darah. 

"Perwosi ini hadir di berbagai bidang di pembangunan dan mensosialisasikan tentang bahwa pola hidup sangat penting dalam rangka menuju indonesia sehat dan indonesia emas 2045. Jadi program-program dari Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dan Program Disporapar yang dilakukan saat ini dan Disporapar mempunyai suatu inovasi program tersendiri yang namanya Kepolaga, itu adalah inovasi program yang nanti agar secara khusus mengajak seluruh wanita-wanita di Kalimantan Barat mau melakukan kebiasaan berolahraga," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PERWOSI, Tri Tito Karnavian mengatakan Rakernas yang dilaksanakan saat ini dalam rangka PERWOSI di daerah melaksanakan program kerja sesuai dengan visi misi PERWOSI dalam memasarkan Olahraga kepada Keluarga agar menjadikan olahraga kebutuhan utama selain makan minum.

"Diharapkan olahraga menjadi gaya hidup dilingkungan keluarga yang dimulai dari usia dini sampai lansia dan kita mendukung kerjasama yang baik antar Pengurus PERWOSI dengan Pemerintah Daerah," jelasnya.

Dalam rangka pembukaan Rakernas  Perwosi 2024, juga dilakukan penyusunan dan pembahasan program kerja untuk tahun akan datang. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada Perwosi  di tingkat Provinsi yang saya tahu sudah banyak melakukan kegiatan di daerah masing - masing. Mudah-mudahan semua bisa terus berinovasi, berkolaborasi dengan segala pihak dalam menjalankan program kerja. Saya juga berharap Perwosi di usia 50 tahun tetap jaya, dan bisa terus memasyarakatkan olahraga di kalangan perempuan dan anak,”pungkasnya.(irf/biro adpim)

 

July 16, 2024