Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
March 4, 2024

LITERASI KEAMANAN DIGITAL, GEN Z HARUS TAU AMAN DAN BERETIKA DI DUNIA DIGITAL

 

Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat mengajak Generasi Z untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan di dunia digital dengan menggelar acara Literasi Keamanan Informasi bertajuk 'Aman di Dunia Digital Membangun Keamanan dan Etika Online'. Acara ini digelar pada Sabtu, 2 Maret 2024, di Hotel Mercure Pontianak.

 

Plh. Kepala Dinas Kominfo Kalbar Maria Wijayanti menyampaikan bahwa pengguna internet di Indonesia, sebanyak 34,40 persen didominasi oleh Generasi Z, yang berusia antara 11 hingga 26 tahun. Dia menyoroti sulitnya pengendalian konten dan informasi secara online, yang kadang membuat mereka tanpa sadar membagikan informasi pribadi dan terlibat dalam interaksi. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman tentang etika berinternet dan keamanan digital sangat penting.

Pemahaman ini dianggap krusial untuk mencegah pencurian identitas (phishing) dan peretasan akun pribadi. Literasi Keamanan Informasi ini diikuti oleh perwakilan siswa dari SMA dan SMK di Pontianak. Sebagai narasumber, acara ini menghadirkan Founder @amallan.id, Ikhwan Ruslianto, dan Influencer asal Kalimantan Barat, Rizaldi Hadrian (Ical Lele).

Diharapkan, melalui kegiatan ini, Generasi Z dapat lebih melek dan mengerti tentang pentingnya menjaga keamanan dan etika dalam berinternet demi keamanan dan kenyamanan bersama di dunia digital.

 

 

 

 

 

March 4, 2024