Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
December 6, 2023

Percepatan Penguatan Data Statistik Sektoral Di Kalimantan Barat

Pontianak - Dalam rangka mengoptimalkan kualitas data statistik sektoral di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prov. Kalbar melalui Bidang Persandian dan Statistik menggelar Rapat Evaluasi Data Statistik Sektoral Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Wagub Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (6/12/2023).

 

Rapat evaluasi ini dibuka oleh Kepala Bidang Persandian dan Statistik Maria Wijayanti, S.T., M.T., yang didampingi oleh Kepala Seksi Analisis Data Statistik Hendra, S.Sos., M.Si., dan dihadiri oleh Admin Pengelola Portal Satu Data dari setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dengan narasumber Evi Kusuma, S.T., Statisi Ahli Muda Dinas Kominfo.

 

Dalam sambutannya, Maria Wijayanti menjelaskan, di kegiatan sebelumnya, telah dilakukan pengumpulan data, data tersebut diolah, dianalisis dan didiseminasikan melalui portal satu data, kemudian langkah terakhir adalah mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan, baik dari segi data maupun dari proses pengumpulan dan penyebaran data itu sendiri.

 

“Pada kesempatan hari ini, kita akan mengevaluasi apakah data yang telah dikumpulkan sudah memenuhi standar data atau belum, apakah data yang dikumpulkan sudah akurat atau belum, kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana cara menyikapinya,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Maria Wijayanti menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun, data yang telah dihimpun di portal satu data mengalami fluktuasi, dimana pada tahun 2021 berjumlah 5.441 set data, tahun 2022 berjumlah 2.861 set data dan di tahun 2023 berjumlah 1.288 set data pertanggal 4 Desember.

 

“Ini menunjukkan bahwa konsistensi produsen data dalam pengumpulan dan penyampaian data masih belum optimal. Harapannya, pada tahun 2024, melalui peningkatan Admin Pengelola Portal Satu Data di setiap Perangkat Daerah, dapat meningkatkan kualitas data yang lebih baik lagi” harapnya.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Maria Wijayanti menjelaskan, pembangunan Portal Satu Data Kalbar ini bertujuan untuk menjadi satu-satunya gerbang untuk keluar masuknya data statistik sektoral, dimana akan mempermudah dalam pencarian data untuk keperluan perencanaan pembangunan daerah.

 

“Mari bersama-sama memanfaatkan Portal Satu Data Kalbar dan melakukan pembaruan data, agar informasi yang dihasilkan benar-benar akurat dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga kita tidak perlu lagi mencari data ke berbagai sumber lain.” pungkasnya.

 

Senada dengan pernyataan Kabid Maria Wijayanti, pada saat pelaksanaan evaluasi data statistik sektoral, Evi Kusuma menyoroti pentingnya peran aktif dari para admin pengelola portal satu data dalam menjaga konsistensi dan akurasi setiap data.

 

“Data dari bapak ibu sekalian sangat penting, hal ini untuk menghindari tumpang tindih informasi dan untuk memastikan koordinasi yang efisien dan meningkatkan efektivitas dalam berbagai aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan” jelasnya.

 

Dengan adanya keterlibatan semua pihak, diharapkan hasil evaluasi ini akan menghasilkan data statistik sektoral yang lebih akurat, terpercaya, dan dibagipakaikan. Data ini diharapkan dapat menjadi landasan yang solid untuk kebijakan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Barat.

 

December 6, 2023