Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
August 6, 2024

Peringati HUT RI ke-79, TP PKK Kalbar Gelar Donor Darah

PONTIANAK - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan PMI dan Rumah Zakat menggelar Donor Darah, pada Selasa (6/8/2024) di Markas PMI Kalbar. Diketahui donor darah merupakan satu dari 24 aksi sosial yang akan digelar oleh TP PKK Kalbar dalam rangka HUT RI ke-79 Tahun 2024.

Mewakili Pj. Gubernur Kalbar, aksi donor darah kali ini dibuka secara langsung oleh Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si. 

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia pelaksana yakni TP PKK Provinsi Kalimantan Barat yang telah menginisiasi untuk menyelenggarakan kegiatan positif ini” ujar Linda Purnama dalam sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Pj. Ketua TP PKK Prov. Kalbar Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si menjelaskan bahwa dalam rangka HUT RI Tahun 2024 ini, TP PKK Kalbar sudah melakukan berbagai aksi sosial diantaranya yaitu, pemberian bantuan, kemudian melaksanakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), dan sosialisasi tentang kanker, deteksi dini Thalasemia, mengunjungi anak-anak kanker di RS Soedarso, memberikan bantuan di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Barat dan tanggal 11 Agustus mendatang akan melaksanakan Sunatan Massal.

“Terima kasih kepada Ibu Ketua PMI Kalbar, yang telah ikut bersama kami melakukan aksi-aksi sosial ini, kita berusaha memberikan informasi dan membuat mereka mau mengetahui dan bisa melakukan secara mandiri, sehingga bisa mengerti bahwa donor darah ini sangat baik, karena selain dapat menolong masyarakat yang membutuhkan juga mereka dapat menjadi lebih sehat ya,” tutur Windy.

Windy juga menyampaikan bahwa seharusnya kegiatan donor darah ini dilakukan secara rutin dan menjadikan ini sebagai event-event kemanusiaan. Jadi, setiap pelaksanaan event ada donor darah. Ia mengajak jangan bosan-bosannya untuk membuat orang mengerti dan mau menjadi pendonor darah. 

“Apalagi, yang memang kita butuhkan sekarang ini adalah bank pendonor darah tetap, mengingat ada pasien-pasien yang memang secara rutin harus melakukan transfusi darah atau memang secara insidentil,” jelas Windy.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Kalbar Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji dalam kesempatannya menjelaskan, pelaksanaan donor darah ini adalah gawainya PKK Prov Kalbar, jadi memang setiap tahunnya dalam rangka HUT RI pihaknya melaksanakan donor darah. Untuk itu, dalam gawai-gawai besar apapun yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, mulai dari HUT Provinsi Kalimantan Barat, HUT BUMN, HUT BUMD pihaknya selalu mengadakan donor darah. 

“Alhamdulillah kemarin di acara Bank Indonesia Perwakilan Kalbar kita target 1000 kantong darah yang daftar 3000 orang, sehingga setelah selesai acara, kantong darah tersebut langsung kita bagikan ke yang membutuhkan,” ungkap Lismaryani.

Bersamaan dengan donor darah kali ini, di tempat yang sama di halaman gedung markas PMI Kalbar, juga dilaksanakan gelar pangan murah oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, dimana masyarakat bisa membeli bahan makanan pokok dengan harga yang lebih murah dari harga di pasar.

 

August 6, 2024