Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat

Slider Image
November 29, 2023

Upacara Bendera Peringatan HUT ke-52 KORPRI dan Hari Kesehatan Nasional ke-59

Pontianak - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dilaksanakan Upacara Bendera di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (29/11/2023).

 

Upacara ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar dr. Harisson, M.Kes selaku Inspektur Upacara dan diikuti oleh Forkopimda Kalbar, Pj. Ketua TP PKK Prov. Kalbar Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., jajaran Kepala Perangkat Daerah, serta peserta upacara dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov. Kalbar.

 

Pelaksanaan Upacara ini, dirangkaikan dengan beberapa agenda yaitu :

1. Penyerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karyasatya dan Penyerahan Penghagraan Pegawai Teladan dan Pegawai Inspiratif di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023.

2. Penyerahan unit sepeda motor kepada Desa yang mencapai status Desa Mandiri di tahun 2023.

3. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba yang dilaksanakan pada peringatan HUT 52 KORPRI dan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023

 

Saat di wawancarai, Sekda Harisson menjelaskan, pada hari ini dilaksanakan upacara memperingati hari KORPRI, temanya adalah “KORPRI-kan Indonesia”, jadi ASN dituntut untuk terus mengabdi kepada masyarakat, mengabdi kepada negara dan bangsa, dengan nilai-nilai ASN berakhlak. 

 

“Penekanan dari saya, menjelang PEMILU ini, ASN itu harus benar-benar netral jadi tegak lurus pada peraturan perundang-undangan yang berlaku” tegas Sekda Harisson.

 

Selain itu, Sekda Harisson juga menyampaikan, di tahun 2023 jumlah Desa Mandiri di Kalimantan Barat terdapat 877 Desa, mengalami penambahan sebanyak 291 Desa dari sebelumnya yaitu 586 Desa. Sebagai apresiasi dari pencapaian ini, Pemprov. Kalbar memberikan reward berupa sepeda motor kepada 39 Desa yang diterima secara langsung oleh Kepala Desa.

 

“Pemberian motor ini adalah sebagai reward untuk desa-desa yang sudah menjadi Desa Mandiri, diharapkan dengan pemberian motor ini nanti Kepala Desa maupun perangkat Desa dapat menggunakannya untuk meninjau daerah wilayah kerjanya, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melihat peluang dan tantangan serta pemecahan masalah di lapangan sehingga mereka lebih mudah mencapai berbagai daerah di Desanya itu” jelasnya.

 

Sementara itu, salah satu Kepala Desa yang menerima sepeda motor, yaitu Ardi Kepala Desa Sungai Kunyit Dalam, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemprov. Kalbar yang telah memberikan reward kepada desa yang telah menjadi Desa Mandiri. 

 

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, yang telah memberikan reward kepada kami, dan mudah-mudahan reward yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi kami, khususnya kedepannya untuk kami memajukan desa, sehingga mencapat target yang diberikan pemerintah untuk menjadi desa yang lebih maju lagi” tuturnya.

 

November 29, 2023